Waktu Bermain Bola Basket

Waktu Bermain Bola Basket – Di setiap permainan olahraga pasti nya memiliki durasi dan lajur permainan yang bermacam-macam, contoh hal seperti olahraga sepakbola.

Di Dalam sepakbola waktu bermain dalam satu babak pertandingan adalah 45 menit, yang mana di dalam satu pertandingan terdiri dari 2 babak, yang apabila di total memiliki waktu bermain di kisaran 90 menit.

Dan begitu pula dengan olahraga bola basket, yang mana di olahraga basket yaitu 4×10 menit, yang artinya permainan bola basket dimainkan selama 10 menit dibagi dalam empat babak atau kuarter.

Tidak hanya mengenai durasi keseluruhan dalam pertandingan bola basket, di pembahasan kali ini saya akan membahas semua mengenai waktu bermain di dalam olahraga bola basket, berikut ulasannya.

Durasi Permainan Bola Basket

Durasi Permainan Bola Basket

Lama permainan bola basket pada dasarnya adalah 4×10 menit, aturan lama permainan ini sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh FIBA sebagai federasi bola basket terbesar di dunia.

Hanya saja, aturan tersebut dimodifikasi oleh salah satu kompetisi bola basket paling bergengsi di dunia yang ada di Amerika Serikat, yakni National Basketball Association atau yang sering disebut dengan nama NBA.

Di dalam kompetisi NBA ini, lama permainan bola basket menjadi 4×12 menit, banyak orang menyukai aturan dikarenakan dapat menyaksikan para atlet NBA untuk memasukkan bola ke dalam ring lawan.

Beberapa atlet tersebut misalnya adalah Michael Jordan hingga Shaquille O’Neal, selanjutnya, permainan bola basket juga memiliki waktu jeda antara babak atau biasa disebut half time.

Waktu istirahat yang digunakan oleh FIBA yakni mencapai 2 menit antara babak 1 dan 2 dan 3 dan 4, sementara itu, pada pertandingan NBA biasanya waktu istirahat mencapai 120 detik antara kuarternya.

Selain itu, setiap jeda dua babak, ada waktu istirahat hingga 15 menit yakni perpindahan dari babak 2 menuju babak 3, aturan ini diberikan dengan tujuan memberikan waktu yang cukup untuk kedua tim untuk melakukan istirahat sekaligus menyusun strategi untuk babak selanjutnya.

Baca Juga : Pengertian Bola Basket

Waktu Istirahat

Waktu Istirahat

Waktu istirahat yang digunakan oleh FIBA yakni mencapai 2 menit antara babak 1 dan 2 serta 3 hingga 4, sementara itu, pada pertandingan NBA biasanya waktu istirahat mencapai 130 detik antar kuarternya.

Selain itu, setiap dua babak, ada waktu istirahat hingga 15 menit yakni perpindahan dari babak 2 menuju babak 3, aturan ini diberlakukan dengan tujuan memberikan waktu yang cukup untuk kedua tim untuk melakukan istirahat sekaligus menyusun strategi untuk babak selanjutnya.

Meskipun ada tiga versi aturan lama permainan bola basket, ketiga organisasi tersebut ( NCAA, FIBA, NBA ) memiliki kesamaan pada saat terjadi skor yang sama hingga akhir pertandingan.

Waktu istirahat yang digunakan oleh FIBA yakni mencapai 2 menit antara babak 1 dan 2 serta 3 hingga 4

Apabila terjadi skor yang sama hingga akhir pertandingan, apabila terjadi skor yang sama hingga akhir waktu yang ditentukan, maka kana dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu atau over time untuk menentukan tim yang menang.

Perpanjangan waktu atau overt time untuk menentukan tim yang menang, perpanjangan waktu ini biasanya dilakukan dengan memasukan bola ke lapangan melalui jump ball.

Namun, apabila hingga perpanjangan waktu berakhir kedua tim masih saja bermain imbang, maka waktu overtime akan dilanjutkan dengan aturan dan peraturan yang sama hingga muncul perbedaan atau selisih skor antara kedua tim, baik versi FIBA, NBA, maupun NCCA memiliki waktu over time yang sama, yakni 5 menit, 1×5 menit bersih.

Shotlock

Shotlock

Durasi shotlock, yaitu durasi yang diberikan pada tiap tim untuk melakukan melempar bola ke ring lawan dihitung sejak bola dikuasai tim dalam 24 detik, meski bola masih dikuasai, namun jika tidak juga dilempar ke ring maka bola berpindah ke penguasaan lawan.

Jika bola dilempar ke ring, dan terjadi rebound dan diberut rekan sendiri ( offensive rebound ), diberikan waktu 14 detik untuk melakukan tembakan ke arah ring lawan.

Baca Juga : Cara Memegang Bola Basket

Time Out

Time Out

Dalam olahraga, time out atau batas waktu adalah penghenti dalam permainan, hal ini memungkinkan pelatih dari salah satu tim untuk berkomunikasi dengan tim.

Misalnya, untuk menentukan strategi atau menginspirasi moral, serta untuk menghentikan jam pertandingan, tim biasanya memanggil time out pada titik-titik penting yang strategis dalam pertandingan.

Time out atau batas waktu adalah penghenti dalam permainan, hal ini memungkinkan pelatih dari salah satu tim untuk berkomunikasi dengan tim

Atau untuk menghindari tim dipanggil dikarenakan penundaan pelanggaran jenis permainan, seperti aturan lima detik dalam bola basket.

Menurut standar FIBA, time out diberikan 2 kali di kuartal 1, 3 kali di kuartal 2, maksimal 2 kali di 2 menit terakhir kuarter 4, selain itu boleh 1 kali di masa perpanjangan waktu ( overtime ).

Masing-masing diberikan waktu 60 detik, sementara menurut NBA , tim diperbolehkan meminta tujuh kali time out, masing-masing 1 menit 15 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *