Pola Penyerangan Bola Basket

Pola Penyerangan Bola Basket – Basket merupakan sebuah olahraga yang memiliki kepopuleran yang tinggi di berbagai macam kalangan, mulai dari anak muda hingga orang tua semua memiliki ketertarikan yang sama.

Dalam olahraga basket terdapat pola penyerangan yang biasa dikenal juga dengan sebutan Set Offence, pola penyerangan yang diterapkan di dalam olahraga bola basket ini memiliki kegunaan untuk memperlancar tim dalam mencetak skor.

Dengan kata lain, suatu tim bola basket yang menggunakan pola penyerangan memerlukan strategi atau taktik untuk dapat bermain bola basket, berikut adalah berbagai macam pola penyerangan di dalam olahraga bola basket.

Pola Penyerangan Set Offence

Pola Penyerangan Set Offence

Pola penyerangan berpola ( Set Offence ) merupakan sebuah strategi penyerangan dengan mengatur jalur gerak permain sesuai dengan tugas dan posisinya.

Pola penyerangan yang satu ini biasanya dilakukan saat tim tengan membangun serangan awal yang mana membutuhkan kekompakan yang tinggi di antara anggota tim.

Baca Juga : Pengertian Bola Basket

Pola Penyerangan Kilat Berpola

Pola Penyerangan Kilat Berpola

Pola penyerangan kilat berpola hanya dapat diterapkan pada situasi atau kondisi tertentu seperti jump ball atau lemparan ke dalam, Jump Ball atau bola lambung ini terjadi saat pertandingan dimulai ( Tip Off ), pada situasi ini, pola penyerangan ini dapat dilakukan secara cepat dan berpola untuk membobol pertahanan tim lawan.

Baca Juga : Waktu Bermain Bola Basket

Pola Penyerangan Drive Driving

Pola Penyerangan Drive Driving

Pola penyerangan Drive Driving, merupakan sebuah pola penyerangan dalam permainan bola basket, yang mana pola penyerangan ini merupakan pola penyerangan cepat dan juga agresif, yang mana seorang penyerang yang mendribble bola sambil menerobos ke daerah lawan dengan keinginan besar untuk mencetak poin.

Baca Juga : Cara Memegang Bola Basket

Pola Penyerangan Kilat

Pola Penyerangan Kilat

Pola penyerangan kilat ( Fast Break ), merupakan sebuah pola penyerangan yang dinilai paling efektif, pola penyerangan kilat ini dapat dilakukan dengan mengandalkan kecepatan dan kecerdasan dari setiap pemain ketika pemain dari tim lawan masih belum siap membangun pertahanan.

Untuk melakukan pola penyerangan yang satu ini, dibutuhkan pemain yang memiliki kecepatan yang unggul

Pola penyerangan ini dapat dilakukan saat pertahanan lawan sedang dalam keadaan lengah, dikarenakan terlalu fokus untuk melakukan penyerangan.

Untuk melakukan pola penyerangan yang satu ini, dibutuhkan pemain yang memiliki kecepatan yang unggul, yang mana dengan begitu pemain dapat masuk ke dalam pertahanan lawan dan memberikan umpan yang akurat untuk untuk mencetak sebuah poin.

Baca Juga : Overhead Pass Basket

Pola Penyerangan Bebas

Pola Penyerangan Bebas

Pola penyerangan bebas ( Off the Ball ), pola penyerangan yang satu ini memberikan sebuah kebebasan pada pemainnya untuk menentukan posisi dengan memanfaatkan lebar lapangan.

Pola penyerangan bebas ini bertujuan untuk membuat lawan kesulitan dalam memprediksi pemain mana yang berpeluang mencetak sebuah poin.

Meski begitu, pola penyerangan ini membutuhkan kerjasama dan kekompakan anggota tim, yang mana dengan ada nya kekompakan tersebut diharapkan bola dapat dioper dan berpindah dengan cepat.

Selain itu, pola penyerangan ini juga menuntun kecerdasan pemain dalam mencari ruang kosong agar para pemain dapat mencetak sebuah poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *